CARA MENYELESAIKAN PERKARA



Hai sahabat sahabat dunia , pada kesempatan ini Bang Melki akan membagikan tips yang sangat berguna bagi kita semua. Yaitu adalah cara menyelesaikan perkara. Kita mungkin diera yang serba instan ini terkadang melupakan hal hal klasik seperti ini. Kebanyakan saat ini apabila orang memiliki suatu perkara mereka seolah acuh saja dan tidak membela hak hak yang sebenarnya harus dilakukan. Oleh sebab itu sayapun turut prihatin akan apa yang terjadi saat ini.

Pada kehidupan yang sosial ini kita sebagai masyarakat adalah mahluk hidup yang memiliki pemikiran  sangat luas. Itu semua dapat terbukti melalui kemajuan kemajuan era teknologi pada abad sekarang. Dengan kehidupan yang sangat canggih ini kita sebenarnya haruslah patut bersyukur akan kenikmatan ini. Jadi kembali lagi ke masa lampau yaitu kita patut bertrimakasih kepada para para leluhur yang memiliki ide cemerlang dalam penemuan penemuannya.

Hidup di era yang sekarang bukanlah gaya hidup yang gampang dan mudah . Tingkat persaingan hidup sangat tinggi. Itu semua di karenakan oleh tuntutan ekonomi. Setiap rumah tangga pastilah menginginkan kehidupan yang layak . Makanya tidak heran orang orang saat ini banyak yang lebih menghabiskan waktunya hanya untuk mengmpulkan uang kebutuhan primer ataupun sekunder.

Dalam melakukan aktifitas apapun tidaklah selalu lancar dengan yang kita pikirkan. Terkadang semua itu berbanding terbalik dengan apa yang kita rancang . Mungkin diluar sana ada juga orang-orang yang sudah mengatur aktifitaasnya serta memanajemen kegiatan. Sehingga dapat di analisis manakah kegiatan yang perlu dilakukan dengan hasill yang banyak. Dengan melakukan itu maka analisa pekerjaan yang tidak menguntungkan segera langsung di singkirkan . Namun ada juga orang yang rela melakukan itu semua. Baik perkerjaan yang tidak menguntungkan ataupun yang menguntungkan. Tipe seperti itu adalah tipe yang menghargai segala pekerjaan. 

Terkadang dalam melakukan semua aktifitas kegiatan seperti itu tidak jarang ditemukan sebuah hal yang pada umumnya memicu ke arah perkara. Perkara itu sendiri dapat tergolong kebeberapa macam perkara. Entah itu perkara kecil ataupun besar. Semua itu tergantung dari kita sendiri. Ingin menyigapinya dengan benar ataupun rumit yang bahkan terkadang mengarah pada titik kesepakatan yang tidak kunjung selesai.

Berikut poin poin penting yang harus dilakukan untuk menyelesaikan segala macam perkara :

1. telusuri dan telaah kembali penyebab masalah
Dalam menyigapi suatu perkara maka tentunya harus kita telusuri dan telaah terlebih dahulu penyebab masalah terebut. Dimana kita harus menghadapi dengan hati yang dingin . Hati yang dingin dimaksud adalah kita harus berpikir rasional mengenai penyebab masalah tersebut. Sehingga kita dapat merangkai  alur alur poin perkara tersebut. Dengan melakukan tahapan ini maka kita dapat menyigapi dan menarik kesimplan dan kesepakatan bersama.

2. Berpikir logis dan rasional
Berpikir logis dan rasional adalah kunci dari keberhasilan dalam menyelesaikan suatu perkara. Dimana pada saat dalam keadaan yang logis kita dapat berpikir secara lurus tanpa adanya embel embel ketidak benaran ataupun rekayasa terhadap asal masalah tersebut. Dalam menyigapi perkara tersebut memang wajib dituntut untuk berpikir cerdas,logis dan rasional. Karena apabila kita terbawa kedalam pemikiran emosi yang negatif. Maka kita akan melakukan berbagai macam hal yang tidak logis. Entah itu dalam perkataan ataupun perbuatan.

3. menempuh titik kesepakatan bersama di antara kedua belah pihak
Mencapai suatu titik kesepakatan bersama adalah hal yang perlu dilakukan. Karena apabila kita melakukan ini maka kita akan sama sama mendapatkan hak dan keadilan bersama. Pentingnya kesepakatan dilakukan sebagai tanda bukti bahwa kita berhasil menyelesaikan sebuah perkara. Karena dalam menyelesaikan sebuah perkara itu tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Dalam menempuh titik kesepakatan ini kebanyakan di antara kedua belah pihak sering membuat surat pernyataan atau surat perjanjian. Yang isinya tidak boleh dilanggar. Apabila dilanggar maka yang tersangkut perkara itu akan mendapatkan denda yang tentunya sudah disepakati dan di cap secara resmi.

Itulah tips bagaimana cara menyelesaikan sebuah perkara. Namun itu semua akan bagus terlaksana apabila anda mencermati dan memahaminya. Karena sebuah saran atau masukan ini hanya bisa dilakukan oleh diri anda sendiri. Jadi cermati dan pahamilah lebih seksama. Trimakasih.


Penulis : Melki A.N


0 Response to "CARA MENYELESAIKAN PERKARA"

Post a Comment

Pengikut