Cara simpel membuat saluran irigasi

Hai sahabat Netizen semua . pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips mengenai Cara membuat saluran irigasi yang simple dan tidak perlu memerlukan perhitungan rumit ala teknik sipil. Di sini saya akan membagikan ilmu yang saya peroleh dari perkuliahan Teknik Sipil. Saluran irigasi yang umum untuk dibuat adalah saluran pembuangan dari berbagai macam pembuangan yaitu dari pembuangan kamar mandi (tidak termasuk toilet), mesin cuci  atau tempat cuci piring . Tips ini berlaku hanya untuk Saudara yang memiliki tipe rumah minimalis yang tentunya rancangan rumah tersebut tidak terlalu baku di pikirkan.

Saluran irigasi yang ingin kita buat ini adalah untuk saluran pembuangan dari mesin cuci, westafle, dan kamar mandi  ke satu titik berupa got/parit atau saluran pembungan air  melalui pipa . Namun kenyataan yang terjadi yaitu rata rata pada tipe rumah minimalis memiliki sistem irigasi yang tidak baik dan sembarangan. Semuanya mungkin bisa dikatakan pembuangan kesegara arah karena tidak melalui got aau parit. Yaitu tidak tertuju pada satu tujuan yang benar dan aman.  Tentunya akibat perlakuan ini banyak sekali lingkungan yang tercemar akibat genangan air pembuangan yang kotor. Dalam menghindari hal yang tidak diinginkan itu disini saya akan membagikan tips solusinya.

Berikut tahapan mengenai tips ini :

 1. Membuat parit
  Hal yang paling utama dalah kita harus membuat parit atau got. Membuat parit adalah hal yang harus wajib kita lakukan. Kebanyakan orang mengabaikan hal ini. Yang bahkan hal sekecil ini dapat menyebabkan masalah yang mengganggu. Dalam merancang parit tentunya parit harus dibuat mengelilingi rumah kita. Material yang digunakan adalah semen,pasir air dan agregat kasar berupa batu pecah.Ukuran kedalaman parit harus lebih dari 25 cm agar tidak melimpar.Kemudian, bila tidak ingin repot sewalah jasa tukang/atau pembuat parit. Tapi ingatlah kitalah yang mengatur tukang itu bukan tukang yang mengatur kita. Kebanyakan kita iya iya saja terhadap yang dilakukan tukang. Sehingga hasilnya tidak memuaskan terhadap yang kita inginkan. 

 2. membuat sketsa
 Membuat denah rumah minimalis kita dari tampak atas dan menggambarkan letak letak atau posisi mesin cuci,westafle dan pembuangan kamar mandi. Ketiga pembuangan saluran tersebut sering sekali tidak kita pikirkan. Dan tidak terkumpul pada satu bagian saluran pembuangan saja . kemudian kita garis menggunakan polpen/ pensil untuk menghubungkan ketiga perangkat tersebut. Dimana kita menarik garis lurus kearah luar rumah yaitu mesin cuci,westafle dan kamar mandi terhubung pada garis tersebut dan menuju saluran parit atau got.

 Gambar sketsa got dan pipa pembuangan

3. Mengatur biaya dan material
Ini adalah hal yang sangat wajib dilakukan oleh kita sebagai pemilik rumah, Tentunya ini sangat wajib dilakukan sendiri apabila menyewa jasa tukang . Kita harus mengukur panjang keperluan pipa yang kita pakai (gunakan pipa yang diameter lumayan besar) agar tidak menyebabkan tersumbat. Menghitung keperluan dana untuk pembelian material pembuatan got/parit .Ingat disini kitalah yang berperan. Bukan lah tukang yang berperan. Kalau kita tidak tau keperluan yang kita butuhkan cukup tanya sama sipenjual material atau konsultan pembangunan atau juga teman/kerabat dan lainnya yang mungkin lebih tahu kisaran yang kita perlukan.

4. Mengawasi pekerjaan
Mungkin apabila kita sendiri yang melakukan pengerjaan maka tips ke empat ini tidak berlaku. Namun ini sangat berlaku apabila kita menggunakan jasa tukang. Ini sangatlah penting dimana kebanyakan tukang yang tidak diawasi pekerjaannya maka proses pembangunannya lambat dan lalai .

Inilah tips mengenai Cara membuat saluran irigasi yang simple dan tidak perlu memerlukan perhitungan rumit ala teknik sipil. Semoga tips ini bermanfaat untuk sahabat netizen yang ingin mengatasi saluran pembuangan yang tidak teratur.







2 Responses to "Cara simpel membuat saluran irigasi "

  1. wah cara ini cukup bagus
    banyak informasi yang bisa di dapat Disini

    ReplyDelete
  2. terimakasih infonya, ini artikel yg bagus dan sangat membantu.

    ReplyDelete

Pengikut